Tim SMILE-SUKA Lecehkan Panwascam Luwuk Timur


Banggai - Panwascam Luwuk Timur menemukan dugaan pelanggaran pilkada yang dilakukan oleh tim salah satu paslon, Sabtu (19/9) akhir pekan lalu sekitar pukul 14.30 Wita. Komisioner Panwascam Luktim Nasrun mengatakan, pelanggaran tersebut dilakukan oleh isteri salah satu calon wakil bupati berinisial MD. MD melakukan  pembagian minuman ringin jenis big cola, sebuah tempat air disertai stiker bertanda gambar pasangan nomor urut 1. Padahal, saat itu merupakan jadwal kampanye paslon nomor urut 2, yakni Ma’mun Amir dan Batia Sisilia Hadjar.
“Kami sudah konfirmasi kepada isteri cawabup itu, katanya kunjungan itu hanya sebatas silaturahmi. Hanya saja berdasarkan pengawasan panwascam kegiatan kunjungan tersebut sudah berbau kampanye,” jelas komisioner devisi pengawasan ini, Senin (21/9).
Nasrun menandaskan, atas dasar itu Panwascam kemudian mengambil gambar kegiatan guna bukti laporan. Sayangnya, saat hendak mengambil gambar itu direaksi pemilik rumah berinisial HP.
HP bahkan mengeluarkan kalimat makian  pada komisoner Panwascam sambil melontarkan kata-kata minta dihargai karena yang datang adalah tim paslon bupati dan wakil bupati.
Ironisnya lagi, kata Nasrun, HP yang belakangan diketahui adalah relawan pasangan calon tersebut mengancam akan melaporkan kepada bupati meminta agar Panwasli dibubarkan.
“Letak kesalahan kami memangnya dimana, masa hanya mengambil gambar dilarang, padahal itu memang sudah menjadi tugas Panwascam,” kata dia.
Saat ini laporan terkait persoalan tersebut telah masuk serta dikaji oleh Panwasli Kabupaten Banggai yang kemudian akan dikoordinasikan dengan pihak Penegakan Hukum Terpadu Pemilihan Umum (Gakkumdu).
“Sebab diduga keras terdapat unsur tindak pidana pemilihan didalamnya. Kami juga mendesak Panwaslih kabupaten untuk serius menyikapi laporan ini hingga tuntas,” pungkasnya yang diaminkan Ketua Panwascam Luktim Asri Manrapi.

Sementara itu, Anggota Panwaslih Divisi Pelaporan Boby Dayanun menegaskan, laporan Panwascam Kecamatan Luwuk Timur telah ditindak lanjuti. Bahkan, direncanakan Panwaslih akan memanggil istri cawabup MD, HP dan salah satu saksi yang melihat kejadian tersebut. “Besok ketiganya akan kita minta klarfikasinya. Suratnya sudah diantar pada yang bersangkutan,” tutur Boby. (luwuk post)

0 komentar:

Post a Comment