Piala AFF 2014: Tim Nasional Indonesia Babat Tim Laos 5-1


Evan Dimas Ditaksir Klub Australia Brisbane Roar  
Tim nasional Indonesia menutup laga pamungkas babak penyisihan grup A dengan kemenangan 5-1 atas Laos. Meskipun bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-28, tim asuhan Alfred Riedl tetap bisa mempertahankan keunggulannya.

Bermain di Stadion Hang Day, Kamis malam, 28 November 2014, timnas Indonesia langsung bermain agresif sejak menit pertama. Walhasil, mantan kapten timnas U-19, Evan Dimas Darmono sukses mencetak gol ke-8 melalui tendangan langsung dari luar kotak penalti. 

Gol kedua bagi Indonesia diciptakan oleh gelandang Ramdhani Lestaluhu yang sukses memanfaatkan umpan silang dari Christian Gonzales dari dalam kotak penaltui di menit ke-20. Sayang, hanya berselang delapan menit kemudian, pemain bek Indonesia Supardi melakukan kesalahan sehingga diganjar kartu merah dan Laos mendapat hadiah tendangan penalti.

Pemain Laos, Khampheng Sayavutthi yang menjadi eksekotur pun sukses menyelesaikan tugasnya. Papan skor pun berubah menjadi 2-1. Kedudukan ini bertahan hingga istirahat turun babak pertama. 

Walaupun bermain dengan sepuluh pemain, tim asuhan Alfred Riedl berhasil menambah keunggulan di menit ke-50. Gol ketiga yang tercipta ini berkat asist dari Evan Dimas yang memberikan umpan crossing di depan gawang Laos dan berhasil diselesaikan Ramdhani.

Sayang, dua menit setelah mencetak gol keduanya, Ramdhani mengalami cedera dan harus dibawa keluar lapangan. Posisinya digantikan oleh Muhammad Ridwan. Setelah Ramdhani keluar, Riedl pun melakukan rotasi dengan menarik Boaz Solossa dan memasukkan Zulham Malik Zamrun pada menit ke-66.

Keputusan Riedl ternyata tepat. Zulham berhasil mencetak gol keempat Indonesia, melalui sepakan keras meneruskan umpan silang dari Ridwan di sektor kanan pada menit ke-82. Tambahan satu gol di menit ke-89 tercipta dari gol bunuh diri pemain belakang Laos, Souksavanh yang ingin menghalau tendangan Zulham tetapi blunder menjebol gawang sendiri. 

Walaupun menang 5-1 atas Laos tetapi Indonesia gagal maju ke babak semifinal. Sebab, pada partai lain, Vietnam menang 3-1 atas Filipina. Dengan hasil akhir, Vietnam menjadi juara grup A dengan 7 poin dan Filipina sebagai runner up dengan 6 poin. Indonesia yang hanya mengumpulkan 4 poin di peringkat 3. Dan, Laos menjadi juru kunci tanpa satupun poin.

0 komentar:

Post a Comment