Ribuan Warga Banggai Desak Ungkap Politik Uang di Pilkada Banggai

Pilkada
Banggai - Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, masih menyisakan banyak masalah. Salah satunya adalahdugaan money politics atau politik uang yang dilakukan pasangan calon nomor urut tiga Herwin Yatim dan Mustar Labolo.
Berbagai laporan terkait penggunaan politik uang yang dilakukan pasangan calon dengan tagline Win-Star itu juga telah dilaporkan ke Panwaslih dan Polres Banggai.
Ribuan warga yang tergabung dalam Solidaritas PITA BIRU (Pilkada Tanpa Bumbu Imbalan Rupiah) juga melakukan aksi damai terkait sejumlah laporan telah disampaikan koalisi pemenangan pasangan calon bupati Ma’mun Amir dan calon wakil bupati Batia Sisilia Hadjar (Mutiara).
Dalam aksi yang berlangsung tertib itu, merekameminta agar Panwaslih Kabupaten Banggai serta aparat kepolisian serius menangani kasus politikuang yang dilakukan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Herwin-Mustar.
“Kami meminta agar Panwaslih dan pihak kepolisian mengusut dan menangani secara serius kasus politik uang yang dilakukan pasangan calon Herwin-Mustar,” tandas Iswan, salah satu orator aksi, kemarin (14/12).
Ketua Panwaslih Kabupaten Banggai Alwin Palalo dihadapan ribuan massa solidaritas PITA BIRU menandaskan, bahwa Panwaslih serius menanganilaporan politik uang yang telah dilaporkan keinstitusinya.
“Kami sangat serius menindaklanjuti laporan politik uang ini, kami juga sudah merekomendasikan ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti,” jelasnya di hadapan massa aksiyang dipimpin Ketua Koalisi Mutiara Banggai Riffai Dg Matorang.
Alwin juga menegaskan institusinya sangat serius menangani laporan politik uang tersebut. Menurutnya, setelah proses laporan politik uang ini mempunyai kekuatan hukum tetap dari pengadilan negeri, Panwaslih akan mengeluarkan rekomendasi untuk mendiskualifikasi pasangan calon nomor urut 3. /jpnn.com

0 komentar:

Post a Comment