Dua Lembaga Survey Unggulkan Ma'mun-Batia di Pilkada Banggai 2015

Ma'mun - Batia 
Banggai - Media Survei Indonesia (MSI) menyebutkan calon bupati dan wakil bupati Banggai, Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir-Batia Sisilia Hadjar yang diusung Partai NasDem, PKS dan PKB merupakan pasangan unggul dibanding dua pasangan calon lainnya. Sementara petahana yang pecah kongsi yakni Sofhian Mile-Sukri Djalumang dan Herwin Yatim-Mustar Labolo berada di bawahnya.

"Ma’mun-Batia didukung 38,1 persen, Sofhian Mile-Sukri Djalumang 22,5 persen, dan Herwin Yatim-Mustar Labolo 14,9 persen. Masih ada undecided voters sebanyak 24,5 persen," kata Direktur MSI Asep Rohmatullah, di Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Kamis (3/9/2015).

Survei MSI dilakukan pada tanggal 21-29 Agustus 2015.Menggunakan metodemultistage random sampling, dengan margin of error +- 4,0%, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Jumlah sampel yang diambil 600 responden. Teknik wawancara langsung (face to faceinterview) memakai kuesioner. Quality control melalui monitoring dan spotcheck 20% dari total sampel. Dengan metode ini bisa menggambarkan kecenderungan  dukungan dan persepsi pemilih se Kabupaten Banggai. 

Sementara itu, Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) juga merilis hasil survei terbarunya di kabupaten Luwuk Banggai (Sulteng) (4/9/2015). Dari hasil survey Indeks Politica Indonesia (IPI) pada bulan agustus 2015 lalu, Menempatkan pasangan Ma’mun – Batia dengan tingkat elektabilitasnya 32,3 persen, disusul urutan kedua pasangan Incumbent Sofhian Mile – Sukri Djalumang 27,4 persen, diurutan ketiga Herwin Yatim – Mustar Labola 17,8 persen, Tidak jawab/TT/rahasia 22,5 persen.

Menurut Direktur Riset Indeks Politica Indonesia (IPI) Jumardi MD, Ma’mun yang ditumbangkan Sofhian Mile dan Herwin Yatim kini berpeluang membalas karna sementara ungguli dua rivalnya.
“Sang petahana Sofhian Mile harus berjuang keras kembali menang karna saat ini dia kembali maju tidak utuh dan dilawan wakilnya. Sehingga basis yang mereka garap dan pelihara selama ini pecah dan ini menguntungkan mantang bupati Ma’mun,” kata Jumardi MD


Survei IPI dilaksanakan dari tgl 21 – 31 agustus 2015 dengan menggunakan sampel responden 440 orang, dengan menggunakan metodelogi multistage random sampling, dimana tingkat kepercayaan survei IPI 95 persen dan margin error 5 persen. AR/JMD

0 komentar:

Post a Comment