Joko Widodo Pecinta Kodok



Solo: Banyak hal menarik dari sosok presiden terpilih ke-7 RI, Joko Widodo. Pria kelahiran Solo ini ternyata pecinta satwa, mulai dari jenis burung hingga mamalia. Satwa itu ditempatkan di kediamannya di Solo, Jawa Tengah dan juga di rumah dinas gubernur, di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.
Jenis burung yang dipelihara Jokowi adalah Cucak Rowo, Jalak, Parkit, Ayam dan Perkutut. Dia juga memelihara kucing, dan puluhan kodok di halaman belakang rumahnya.
Tak hanya Jokowi, sang istri, Iriana juga punya hobi yang sama. Mereka punya 10 ekor burung, 2 Ayam Kate, beberapa kucing dan puluhan kodok. Hewan-hewan itu dibeli langsung oleh Iriana lantaran kerap mengunjungi pasar satwa.
"Ibu sering nongkrong di pasar burung," tutur Jokowi di kediamannya Jalan Kutai Utara, Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/7/2014).
Kendati demikian, keduanya lebih suka membeli hewan dengan harga yang lebih murah. "Tapi Ibu kalau beli itu yang murah. Saya juga masih suka nawar," ungkap Gubernur DKI Jakarta ini
Sementara untuk kucing, Jokowi memelihara dan merawatnya sendiri. Kucing juga merupakan hewan kesayangan putri tunggal mereka, Kahiyang Ayu. Setiap sore hari sepulangnya kerja, Jokowi selalu menyempatkan diri bercengkerama sekaligus memberi makan kucing-kucing peliharaannya.
Hobi Jokowi mencintai satwa itu dimulai sejak dia menjabat Wali Kota Solo. Saat pindah ke Ibu Kota, Jokowi tak segan menginstruksikan ajudannya untuk mencari puluhan kodok untuk ditempatkan di kolam belakang rumah dinasnya. Kodok dipelihara agar suasana rumah yang dihuni penggemar barang antik ini menyerupai di pedesaan.
"Supaya kalau malam ada suara kodok, kwang-kwong, kwang-kwong, kwang-kwong. Kan enak, jadinya fresh otaknya," beber Jokowi tergelak
Sejumlah koleksi Jokowi ini dirawat dengan baik. Hal tersebut tampak dari kandang yang bersih dan kondisi satwa yang sehat. Bahkan, Jokowi sempat memberi makan ayam kesayangannya di depan awak media.
Begitulah kecintaan Jokowi terhadap hewan peliharaannya. Jika pindah ke Istana Negara nanti, dipastikan hewan-hewan ini turut diboyong.
(Abe)/metrotvnews.com

0 komentar:

Post a Comment